Minggu, 19 Oktober 2014

pembelajaran instalasi mikrotik

Pendahuluan


a
1
pada menu instalasi ditampilkan menu apa saja yang kita install apa bila anda mau membuat MIKROTIKaebagai ISP lebih baik pilh semuanya karena apabila tidak memilih semua’a anda akan menambahkannya kembali . .
2
apabila kita menginstall baru tekan tombol “N” atau apabila kita hanya menambahkan service baru tekan tombol “Y” agar konfigurasi yang sudah dibuat tidak hilang ..
langkah berikutnya akan disisipkan ruang harddisk yang akan dipakai oleh MIKROTIK dengan memformatnya atau mengkopikan fie-file yang dibutuhkan 3
setelah pengkopian selesai kemudian peroses instalasi membutuhkan reboot ulang. .Apabila semua proses instalasi tidak mengalami error setelah reboot ulang dilayar akan muncul tampilan user login dan password seperti gambar dibawah ini :
4
secara defauld user yang dipakai adalah user admin yang password yang masih kosong setelah login tampilan awal akan seperti berikut ini :
5

6
kita tinggal pilih MAC addres yang sedah terdeteksi dan kita clik tombol connect maka akan muncul seperti dibawah ini :
7
Langkah awal yang akan diperlukan adalah memberi ip adress, melalui IP~ADDRES . Kemudian akan masuk kewindows yang muncula IP~ADDRES
8
Untuk menambah kan ip addres tekan tanda +( tambah ), kemudian kita tulis IP yang kita gunakan dan ethernet nomer berapa setelah itu klik tombol ok.
9
setelah IP diseting maka daftar ip muncul nomor ipnyab
langkah selanjutnya adalah menetukan default gateway’a yaitu melalui IP~ROUTES maka akan tampil windows seperti dibawah untuk menentukan gateway dengan klik tombol + ( tambah ).
11
akan ditampilka windows seperti dibawah ini :
21
Isi di bagian Gateway dengan ip address default gatewaynya. Bagian Destination di isi 0.0.0.0/0 yang berarti semua routing di arahkan ke ip gatewaynya.
Setelah ip dan gateway terpasang tinggal pengetesan dengan ping gateway apabila sudah ping reply berarti sampai bagian ini sudah benar, tinggal membuat setting agar pc dari LAN lokal bisa terkonek.
Kita perlu membuat NAT dengan cara klik ip~Firewall~NAT , untuk menambah setting NAT tekan tombol +( tambah).
Kemudian bagian Src. Adress disini netwok LAN Local yang akan di NAT-kan. Bagian Out. Interface diisi ethernet dengan ip address yang berada di luar network LAN.
pengaturannya akan muncul seperti dibawah ini :
31
pada tabel ACTION sibagian ACTION diisi dengan MASQUERAD
kemudiantekan tombol OK maka setting NAT akan ditampilkan pada windows friewall.
41
lalu setelah setingan NAT sudah OK ,maka dari LAN internal sudah terkoneksi dengan LAN melalui router ini ,.
Langkah selanjutnya adalah pengaturan bandwidth, Menu untuk mengatur bandwidth adalah pada menu QUEUES
51
Ada beberapa tab pada windows Queues list :
—– -simple Queues
pada bagia ini pengaturan bandwidth dengan ketentuan yang sederhana dan besaran bandwidth fix (64k, 128k, 256k, 512k, 1m, dan 2m .)
bagian target Adress di isi ip host atau network yang berada dibawah router ini yang akan dibatasi penggunaan bandwidthnya.
Di tab advanced, bisa digunakan untuk membatasi bandwidth yang digunakan oleh p2p program seperti emule dll.
61
——QUEUES TREE
Sebelum membuat queues tree perlu kita terlebih dahulu membut Mangle dimenu firewall. yang di buat ada 2 macam: mark connetion, mark packet
—–membuat MARK CONNECTION
~~~~~menu IP~~~FIREWALL~~~MANGLE~~~+ (PLUS)
71
83
—-Membuat mark packet
~~~~MenuIP~~~FIREWALL~~~MANGLE~~+ (PLUS)
12
22
Setelah Marck connention dan mack packet dibuat kemudian kita membuat Queue tree dengan terebih dahulu menetukan paren untuk download dan paren untuk upload pada parent ini bisa langsung disetting besaran’a bandwidth yang dialokasikan pada LIMIT AT dan MAX LIMIT
32
DAN UP NYA . .
42
Setelah membuat farent membuat child baru yang ada di bawah farent tersebut
52
——Queue Type
—–Queue type adalah digunakan untuk mengatur type pembatasan bandwidth yang digunakan, khusus untuk pembagian bandwidth agar pembagian bisa merata di gunakan type pcq. Untuk menambahkan type baru dengan cara klik tombol +(plus)
62
—-Bagian Name adalah untuk memberi nama type queue yang baru, sedangkan bagian Kind type yang mau di pakai. Tab Setting digunakan untuk mengatur bentuk distribusi paket yang akan di atur oleh type queue
72

—–Mikrotik sebagai Bridge

Untuk instalasi awal Mikrotik sama dengan sebagai router, yang berbeda adalah kebutuhan ethernet. Khusus sebagai bridge di butuhkan 3 buah ethernet, 2 digunakan sebagai fungsi bridge dan 1 ethernet digunakan sebagai management system Mikrotiknya

Untuk mensetting melauli menu Bridge , kemudian akan muncul windows awal setting bridge. Pertama kali kita perlu mendefinisikan awal nama bridgenya dengan cara klik tombol +(plus) pada Tab Bridges
84

Proses membuat Mikrotik sebagai Bridge sudah selesai. Untuk setting pembagi bandwidth sama dengan sewaktu sebagai router.
91
demikianlah pembelajaran instalasi mikrotik saya mudah-mudahan bermanfaat bagi saya pribadi maupun orang lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar